Senin, 06 Februari 2012

PENGENALAN WINDOWS XP


Standarisasi standar menu merupakan hal utama dalam pengoperasian sebuah program. Seperti dalam gambar di atas, memperlihatkan posisi dan jenis standarisasi standar menu. Setiap program memiliki standarisasi sistem menu yang berbeda. Yang kami jadikan sebagai salah satu contoh adalah program browser, yaitu Flock .
Dalam program tersebut memperlihatkan beberapa standarisasi menu. Yaitu file, edit, view, history, favourite, tools dan help . Menu tersebut memiliki fungsi yang berbeda, sesuai dengan keperluan.


  • File adalah suatu sarana yang digunakan untuk menyimpan data. Sistem menu bisa digunakan untuk menyimpan, mencetak, dan mengeluarkan program.

  • Edit adalah suatu sarana yang digunakan untuk memanipulasi data dan informasi yang terdapat pada halaman yang sedang aktif.
  • View adalah suatu sarana yang digunakan untuk memanipulasi tampilan yang ada di layar komputer. Contohnya : toolbars, minibar, status bar dan lain lain.
  • File adalah suatu sarana yang digunakan untuk menyimpan data. Sistem menu bisa digunakan untuk menyimpan, mencetak, dan mengeluarkan program.
  • Edit adalah suatu sarana yang digunakan untuk memanipulasi data dan informasi yang terdapat pada halaman yang sedang aktif.
  • View adalah suatu sarana yang digunakan untuk memanipulasi tampilan yang ada di layar komputer. Contohnya : toolbars, minibar, status bar dan lain lain.
  • Help adalah suatu sarana yang digunakan untuk membantu kita dalam memecahkan suatu masalah pada saat menjalankan program browser Flock itu sendiri.

Bagian Standarisasi Menu
}  File : new window, new tab, open location dll
}  Edit : undo, redo, cut, copy, paste, select all dll
}  View : toolbars, minibar, statusbar, sidebar dll
}  History : back, forward, home, show all story dll
}  Favorites : favorites this page, favorites all tabs dll
}  Tools : web search, photo uploader, blog editor dll
}  Help : flock tutorial, flock help dll.

TASKBAR DAN KONFIGURASI TASKBAR
ž  Arah panah ini menunjukkan posisi dari taskbar
ž  Taskbar adalah batang panjang yang terdapat pada desktop bagian bawah. Taskbar juga salah satu fasilitas dari windows yang berfungsi untuk menampilkan aplikasi yang sementara terbuka dan juga tempat dari icon Start. Taskbar juga bisa di tempatkan di sisi kiri, kanan, atas dan bawah desktop.
ž  Jika kita klik kanan pada taskbar, maka akan tampil menu seperti di atas. Menu tersebut menampilkan beberapa pilihan yaitu, toolbars, show the desktop, start task manager, lock the taskbar, dan properties.
ž  Untuk menampilkan menu konfigurasi atau propertis di atas, maka harus memilih properties pada menu tadi . Di menu ini kita mengkonfigurasi taskbar. Misalnya mengfungsikan auto hide the taskbar, dan berbagai macam pengaturan dari taskbar.
ž  Di taskbar juga menampilkan notification area seperti yang ditunjukkan oleh panah di atas. Di bagian tersebut memperlihatkan beberapa pemberitahuan, misalnya audio, koneksi internet, dan beberapa aplikasi yang khusus untuk di tampilkan pada bagian tersebut
MENJELAJAH FILE ATAU FOLDER
Menjelajah adalah browsing, mengeksplorasi atau mencari sesuatu secara lebih fokus terhadap suatu masalah. Jadi, menjelajah file atau folder adalah membrowsing, mengeksplorasi atau mencari suatu file atau folder yang ingin kita cari sesuai dengan direktori yang telah kita buat.


Pengaturan File dan Folder Windows XP
ž  File adalah sebuah data yang telah kita buat dari sebuah program atau data yang kita masukkan ke komputer baik berupa gambar dan hasil dari pengoprasian dari sebuah proram. 
ž   Buat sebuah compressed folder dengan cara mengklik kanan area kosong pada desktop, dan pilih New|Compressed (zipped) Folder. Beri nama dan drag and drop file yang hendak dikompres dalam folder tersebut.
ž   Sebuah compressed folder bisa dilindungi dengan password. Caranya, buka menu File|Add a Password. Isikan password Anda dan isi sekali lagi untuk konfirmasi.
ž  Sebuah compressed folder tetap bisa ditambah isinya dengan cara drag and drop file yang hendak dikompres ke dalamnya.
ž  Saat menjalankan Disk Cleanup, pilih option Compress old files untuk mengompresi file-file yang sudah tidak dibutuhkan, sehingga kapasitas harddisk bisa dihemat.
ž  Enkrip atau acak file bisa dilakukan di Windows XP Pro Edition dengan mengklik kanan My Computer, pilih Properties. Buka tab General dan klik Advanced. Aktifkan option Encrypt contents to secure data.
ž  Cara termudah mengubah nama file atau folder adalah dengan memilihnya, kemudian menekan tombol F2.
ž  Supaya Anda bisa berpindah antar folder dengan cepat, terutama pada folder-folder yang sering dibuka, buatlah shortcut untuk setiap folder yang sering diakses.
ž  Reset file association dengan cara menhakan tombol Shift saat mengklik kanan sebuah file. Pilih Open With… Pilih program yang hendak Anda gunakan untuk membuka file tersebut dan enable option Open use the selected program to open this kind of file. Kemudian klik OK.
ž  Sesuaikan kapasitas penyimpanan file musik dengan cara membuka Windows Media Player dan memilih menu Tools|Options. Buka tab Copy Music dan sesuaikan ukuran kapasitas dengan menggeser slider.
Jika Anda menyimpan semua dokumen dalam folder My Documents, maka semua file tersebut lebih mudah di-back-up serta tidak terpengaruh system restore.
Jika sebuah file hasil copy dari CD tidak dapat diakses, maka hilangkan atribut Read only. Caranya, klik kanan file tersebut dan pilih Properties. Hilangkan tanda centang pada option Read only.
Aturlah tampilan setiap folder dengan mengklik kanan folder tersebut pada My Computer. Pilih Properties dan klik Customize. Pilih template yang tersedia atau pilih gambar sesuai dengan keinginan Anda. Klik OK untuk menyimpan hasil setting.
Anda bisa me-rename beberapa file sekaligus yang memiliki karakter sama dalam folder yang sama juga. Misalnya kumpulan foto atau image. Caranya, pilih semua file yang hendak di-rename, klik kanan file pertama dan klik Rename. Beri nama,misalnya Koleksi.JPG, maka semua file yang lain akan berubah namanya menjadi Koleksi (1).JPG, Koleksi (2).JPG, dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar